Sin Syabilla

Guru SLB Special School Salsabila Tuban || Ketika Kaki Harus Terus Melangkah || ...

Selengkapnya

Mengenal Angka dengan Kartu Angka

Cara mudah mengenalkan angka pada anak ABK atau anak berkebutuhan khusus salah satunya dengan menggunakan kartu angka. Cukup buat kartu angka yang sederhana saja dan yang pasti terbuat dari bahan yang aman dan tentu saja tidak mudah rusak, agar kartu angka tersebut bisa digunakan untuk pembelajaran selanjutnya.

Untuk pembelajaran kelas dua- kelas Tunagrahita misalnya, setiap anak mempunyai kelebihan sendiri-sendiri. Setiap anak berkebutuhan khusus dengan kekhususan yang sama pun tetap masih ada bedanya dalam bidang akademiknya. Jadi kita sebagai pendidik tidak bisa menyamakan atau membanding-bandingkan anak didik kita. Karena semua sudah pada porsi masing-masing. Dalam bidang akademik mereka memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang sudah bisa menghitung angka, ada yang sudah bisa berhitung penjumlahan bersusun dengan sedikit bimbingan, ada pula yang masih belajar melebel angka 1-5 dan masih banyak lagi dari mereka dengan berbagai kemampuan yang berbeda tapi sungguh luar biasa.

Bagi anak yang sudah bisa menghitung dengan mandiri walau terkadang masih sedikit bimbingan, ini sudah tidak perlu menggunakan kartu angka. Karena mereka sudah mampu untuk menghitung secara mandiri dengan menggunakan bantuan jari tangannya. Mereka sudah pandai memainkan jari-jarinya dan mereka yang tak pernah berhenti berusaha untuk menghitung. Bahkan mereka juga sering kali menanyakan pada gurunya akan hasil jawabannya.

Selanjutnya kembali lagi pada mengenal angka. Kartu angka sangat cocok sekali untuk mereka yang masih dalam tahap melabel angka. Saat belajar dengan kartu angka tersebut ada beberapa tujuan yang ingin dicapai. Pertama mereka akan mampu mengenal angka yakni dengan menyebut bilangan angka tersebut. Kemudian mereka mampu menyamakan kartu angka yang sama. Dan selanjutnya akan mampu mengurutkan angka-angka kartu angka.

***

Robbi Zidni Ilma...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantap buk

06 Feb
Balas

Terima kasih sudah berkenan mampir di tulisan saya..

06 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali